Welcome a board

Thanks for visit to our blog, this blog will present to my small family, my hobbie, my carier and my yearly gadget and a couple in collection.. severeal Documentation of my life interest.

Welcome a Board




............. ........





Monday, April 21, 2014

Realita Perkembangan Mobil Setir Kiri & Setir Kanan

Di seluruh negara di dunia sudah ditetapkan aturan berkendara sejak dulu yaitu :
mengemudi di sebelah kiri / Left Hand Driving (LHD) atau
mengemudi di sebelah kanan / Right Hand driving (RHD).
Biasanya di negara-negara bekas jajahan, aturan ini mengikuti negara koloni yang memerintah sebelumnya.
Seiring dengan peraturan tersebut maka terciptalah mobil-mobil dengan setir disebelah kiri dan setir disebelah kanan.

Seperti dinegara kita yang mengemudi disebelah kiri, maka mobil-mobil pun memakai setir di sebelah kanan.
Mengapa jadi sebaliknya? Karena itu untuk memperluas sudut pandang pengemudi ketika berkendara.
Bayangkan kalau kita berkendara di lajur sebelah kanan (kayak di amerika), tapi kemudi mobil juga disebelah kanan (kayak mobil di kita), pada saat akan mendahului ke sisi kiri jalur, maka arah berlawanan akan sulit terlihat dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Klik Gambar untuk perbesar

"Nah kita kan jajahan Belanda yg berlajur kanan, kok malah pake lajur kiri ya?"
Jawabannya :
Kalau orang Belanda berkanan-jalan, kenapa kita berkiri jalan? Ternyata, walaupun Belanda memang dikuasai Perancis pada tahun 1795, sejak tahun 1602 Belanda (yang waktu itu masih di sebelah kiri) sudah menjajah Indonesia dan terlanjur menularkan kebiasaan berkiri jalan.





Yang paling kacau di Negara Myanmar (Burma - Naypyidaw)  , Awal dari kemerdekaan Myanmar menganut Setir Kanan , entah mengapa  sebagai koloni Inggris, Burma mengemudi di lajur kiri sampai 1970, ketika administrasi militer, Ne Win diberitahu oleh seseorang untuk "pindah ke kanan jalan", walaupun begitu, kebanyakaan kendaraan penumpang adalah RHD, diimpor dari Jepang, Thailand, dan Singapura. Bus impor dari Jepang tidak diubah dari RHD ke LHD, membuat pintu sebelah kanan menjadi salah posisi, tidak seperti di Filipina. Namun, limosin pemerintah, diimport dari Tiongkok, adalah LHD. Semua kendaraan dikemudikan oleh pengemudi dan penumpang untuk memperhatikan kendaraan yang datang dan memberi tahu pengemudi aman atau tidaknya mengambil jalan, Namun pengemudi tidak bisa melakukannya ketika ada di dalam mobil RHD..

Jendral Ne Win Dong 
Ne Win diktator Burma 1962-1982. Dia sangat percaya takhayul. Dia mengubah mata uang untuk pecahan 15,30,45, dan 90 – sesuai nomor keberuntungannya. Bangsa Burma kehilangan seluruh tabungan mereka. Dia melakukan ini karena ia berpikir bahwa ia akan hidup sampai 90 tahun jika ia melakukan hal ini. Dia menyeberangi jembatan dengan jalan mundur, dan mengubah lajur jalan negara dari posisi lajur kiri jalan ke kanan, karena ia khawatir bahwa rezim komunis itu sedang bersandar terlalu jauh ke kiri. Secara teratur dia mandi dengan darah lumba-lumba.


Sudah 40 Tahun menganut Setir  Kanan & Media jalan pun dikanan , tetapi pemerintah cuek saja??? *wah kacau banget , Turun & Naik Bus di tengah jalan  karena trotoar / media jalan ada pada sisi supir (pintu bus , juga msh dikiri) sementara pemerintah memindahkan jalurnya di kanan






Coba Perhatikan , Pintu Bus di sebelah kiri, sementara media jalan di sebelah kanan?? WTF






No comments:

Post a Comment