Welcome a board

Thanks for visit to our blog, this blog will present to my small family, my hobbie, my carier and my yearly gadget and a couple in collection.. severeal Documentation of my life interest.

Welcome a Board




............. ........





Thursday, November 24, 2011

Not too Expensive for a Hobby

Cara Mengurus Administrasi Motot besar Indonesia

Sebelumnya ane coba jelasin dr awal kalo diliat dr suratnya motor secara umum dpt dibagi kedalam 3 kategori :
1. Motor On the road : yaitu motor resmi yg telah dilengkapi dgn STNK dan BPKB resmi (bukan STNK aspal yah)

2. Motor Off the road : motor yg masuk secara resmi hanya blm dibikinin surat kendaraan STNK dan BPKB (motor spt ini bisa dibikin surat resmi krn ada form A-nya)

3. Motor bodong : motor yg masuk secara illegal/selundupan, nah motor seperti ini tidak akan bisa dibikin resmi yg ada hanya akal2an spt STNK aspal, surat jalan, dll (Bisa dibikin resmi hanya lewat pemutihan, itupun sdh lama tidak diadakan lagi....silahkan liat penjelasan dr agan RedSF dibawah). Apakah mocil ada yg bodong? Ada, biasa dimasukin buat keperluan balap tp pernah juga temen ane masukin Jupiter MX made in thai scr bodong cuma buat lucu2an...

Untuk surat yang aman 100% yah sudah pasti surat yang legal yg ada STNK dan BPKB resmi dr polda.

Sementara untuk surat2 lainnya apakah itu namanya STNK bantuan, surat kimpoian, surat jalan dan apapun istilahnya adalah illegal. Apakah aman atau tidak? Silahkan jawab sendiri....

Apakah ada yg tertangkap pake motor bodong + surat bantuan? Ada...
Yg lolos bertahun2 juga byk... So tergantung hoki dan amal ibadahnya kata agan MV

Trus ada lagi pertanyaan lagi apakah moge boleh dipakai harian? Jawabannya : amat sangat bisa. Yah silahkan saja wong moge ama mocil kan sama aja cuma beda di dimensinya aja ama kapasitas mesinnya (resiko tanggung sendiri yah buat yg bodong jgn nyari TS kalo ketangkep )

Trus ada pertanyaan lagi apakah moge2 pernah diperiksa selagi jalan walaupun tidak melakukan pelanggaran? Jawabannya : pernah. TS sendiri pernah ngalamain disamperin polisi di lampu merah hanya untuk mengecek kelengkapan surat2, untung moge resmi

Sekian penjelasan singkat, moga tidak ada lagi pertanyaan serupa..


Spoiler for PENJELASAN MENGENAI SURAT PEMUTIHAN DR AGAN RedSF:
oke, ane jelasin arti dari surat pemutihan. nanti penjelasan ini bisa di taro deh sama TS di depan.

arti dari surat (stnk+bpkb) pemutihan itu adalah motor yg tadinya tidak bersurat dibuatkan surat. wah kok enak amat motor kosong bisa jadi bersurat?
tunggu dulu, program pemutihan itu sudah lama TIDAK ADA, kalo nga salah terakhir itu tahun 2000, setelah itu ada wacana untuk pemutihan, tapi instansi yg terkait (beacukai, polisi, dll) tidak menemui kesepakatan. menurut ane karena penjual moge resmi sudah banyak jadi mereka TIDAK setuju kalo pemutihan dijalankan, nga laku dong motor resmi kalo pemutihan jalan terus.

nah gimana cara dulu motor kosong dijadikan surat?
ane nga tau detail prosesnya, tapi kurang lebih seperti ini.
pemilik moge kosong bisa mendaftar ke bea cukai, tujuannya untuk membayar pajak masuk (bea impor, bea barang mewah, dan bea2 lainnya). nah disini harusnya untuk mengurus semua pembayaran bea mesti dilampirkan PIB, B/L, faktur, dll, dll. namun karena ada program pemutihan, dokumen itu tidak diperlukan, itu kenapa namanya pemutihan. tetap segala bea itu harus dibayar, besar bea ditentukan oleh bea cukai sesuai dengan aturan yg ada, jadi bukan artinya pemutihan itu nga bayar apa2.

setelah semua bea selesai lunas dibayar, nanti bukti bayar itu diserahkan ke polisi/samsat untuk pengurusan stnk dan bpkb.

oke, itu tadi secara garis besar apa yg namanya pemutihan. jadi surat pemutihan moge itu BEDA dengan surat kimpoian lah, stnk bantuan lah, stnk bla bla bla lah dan lain2.

nah kenapa proses pemutihan itu tidak efektif?
karena awalnya pemilik moge bodong berpikir bahwa dengan pemutihan nga perlu bayar segala bea itu surat bisa keluar, emang ini negara apaan bisa enak aja nga bayar bea surat mau keluar...
jadi pemilik moge bodong saat itu begitu lihat segala bea yg harus dibayar itu mahal dan hampir setara dengan harga moge bodongnya, banyak yg batal, dan banyak yg mengakali dengan cara tahun mogenya di tua kan, misal moge asli tahun 2000 tapi waktu pemutihan ngakunya tahun 1990. ada yg lolos dengan cara dituakan mogenya, ada yg nga. tergantung amal ibadah...

jadi, menjawab pertanyaan apakah surat pemutihan aman?
YA, aman, selama bener proses pemutihan seperti yg ane jelasin.
bukan pemutihan ala pedagang badung yg bilang surat kimpoian adalah pemutihan.....

No comments:

Post a Comment