Sementara ini dapur pacu mongtor ini menggunakan mesin berkapasitas 149,8 cc dengan tenaga tidak sampai 22 hp. Hehe terjawab sudah rumor yang selama ini mengatakan bahwa R 15 tenaganya sampek 24 hp. Bukan yang 250 cc atau 175 cc atau 200 cc tapi memang lebih mengarah pada yang 150 cc.
La terus yang R 25? Ya tu dia seauh ini memang masih rumor yang jluntrungannya belum jelas. Wee yang memendam rindu pada R 15 ya wees nunggu 2013 hehehe.
Dari sini maka mucul ekspekasi publik bahwa tenaga si R 15 ini akan mencapai 22 HP.
Namun jika menengok yang sudah ada bahwa R 15 lama hanya mencapai 17 HP saja, maka ini sungguh melenceng dari ekspektasi publik. Ya, kalau hanya segitu maka powernya tak jauh dari V-ixion yang 14,88 PS / 8.500 rpm. Dengan kata lain R 15 hanya sekedar menutupi leher kuning V-ixion agar tak mengganggu estetika. Untuk melawan CBR 150 saja rasanya berat meski dengan power yang mirip yakni di 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm apalagi harus melawan CBR 250 yang mencapai 25 DK.
Menilik spesifikasi Yamaha R15 v2.0 yang baru saja dilaunching di India, mengingatkan kita pada Yamaha Vixion. seolah Yamaha Vixion yang berform-factor naked bike itu adalah sebuah template bagi R15 yang berform factor light-sport bike. Disinyalir R15 akan menjadi flagship baru Yamaha di kelas 150 cc. Perlu dibahas apa saja yang menjadi persamaan dan perbedaan mendasar kedua motor tersebut.
Persamaan:
- kubikasi mesin 57 x 58,7 (mm) sehingga menghasilkan 149.8 cc
- kompresi 10.4 : 1
- rangka deltabox
- crankcase
- suspensi
Perbedaan:
- power (Vixion 14.88 HP / 8,500 rpm, sementara R15 17PS / 8,500 rpm)
- torsi (Vixion 13.10 nm / 7,500 rpm, sementara R15 15 N.m / 7,500 rpm)
- transmisi (Vixion 5 speed, sementara R15 6 speed)
- mapping ECU juga disinyalir berbeda, sehingga power & torsi keduanya pun berbeda
- berat kotor (Vixion 125 kg, sementara R15 131 kg)
- swing arm (Vixion tipe bar, sementara R15 tipe banana)
- speedometer (Vixion analgo, sementara R15 semi digital)
Nah, dengan beberapa persamaan dan perbedaan tersebut tentu saja terdapat pula keuntungan dan kerugian.. Bagi calon konsumen R15 tentu akan diuntungkan dengan adanya common parts yang bisa dicomot dari Vixion (kecuali material parts berbeda). Konsumen Vixion pun bisa diuntungkan dengan membeli beberapa parts seperti fairing, lampu, buritan hingga swing-arm untuk mendongkrak tampilan Vixion menjadi segarang R15.
Sementara kerugian yang berpotensi terjadi adalah sinyalemen bahwa konsumen akan lebih memilih untuk membeli spareparts R15 untuk diaplikasikan kepada Vixion, mengingat adanya common parts yang begitu banyak, namun pabrikan bisa mengakali ini dengan mematok harga tinggi untuk spareparts R15 sehingga akan lebih worthed membeli R15 yang sudah jadi ketimbang melakukan extra effort membeli parts R15 secara terpisah.
Coba iseng bikin polling kecil-kecilan..kira-kira konsumen Indonesia akan lebih milih upgrade parts Vixion atau beli R15 utuh..
Namun lain halnya juka YMKI berani bermain harga layaknya Pulsar. Ya CBR 150 memang telah dihargai 33 jeti, maka andai si R 15 ini dihargai di kisaran 25-29 juta, maka boleh jadi riwayat CBR 150bakal tamat. Ya si jagoan Honda yang banyak orang mengatakan operpress ini bis jadi bakal pensiun prematur. Meski power menang dikit, namun kalau harga kalah jauh, itu juga akan menjadi bumerang bagi sijago operpress ini.
Hitamnya Ngeri Coy,,, ^_^d
Tampilan depan Riuncing abis gan :)
Buritan Ciamik juga, tapi kaki kurang besar :)
I Like the Blue One :)
No comments:
Post a Comment