Welcome a board

Thanks for visit to our blog, this blog will present to my small family, my hobbie, my carier and my yearly gadget and a couple in collection.. severeal Documentation of my life interest.

Welcome a Board




............. ........





Thursday, January 26, 2012

Tehnik Mktg

Mas Tri dalam postingnya di sini berpendapat kalau waktu yang tepat untuk meluncurkan motor adalah kwartal 1, jadi saat tutup tahun jumlah unit yang terjual berkesan tinggi…

Maaf, saya tidak sependapat

Setahu saya perhitungan hasil akhir penjualan dalam unit tidaklah begitu penting bagi ATPM, yang lebih penting bagi para ATPM ketika melaunching motor baru adalah menyesuaikan dengan keadaan dan perkembangan pasar, kemampuan internal dan strategi peluncuran mereka, kemampuan daya beli masyarakat dan juga apa yang dilakukan kompetitor.

Lagipula target penjualan ATPM juga tentunya disesuaikan dengan bulan peluncuran, ya kalau keluar akhir tahun dengan yang awal tahun target dari principal pasti beda, mereka orang-orang pinter lho.

Begitu semua siap, motor langsung bisa launch! Jangan tunggu sampai buka tahun baru baru launch… buat apa tunggu? Begitu siap, kondisi pasar mendukung langsung jebret! Opportunity jangan disia-siakan.

Ada beberapa faktor yang umum dijadikan pertimbangan peluncuran.

Perhitungan daya beli konsumen

Ada beberapa momen hari-hari baik yang biasa digunakan para ATPM untuk menggenjot penjualan. Tidak saja hanya di penjualan motor, tapi hampir semua barang kok.

  1. Awal tahun, bonus kantoran biasa keluar
  2. Pertengahan tahun ajaran sekolah, bisa menguntungkan bisa merugikan… tergantung
    Menguntungkan penjualan kalau, anak sekolahnya butuh kendaraan. Merugikan kalau duit para orang tua tersedot untuk biaya sekolah anak.
  3. Saat memasuki lebaran, kaarena motor atau mobil seringkali dibuat untuk kendaraan mudik.

Strategi peluncuran dan kemampuan internal

Piaggio Indonesia direncanakan akan banyak meluncurkan tipe-tipe baru nanti saat PRJ 2012, mereka pun masuk ke Indonesia saat PRJ 2011. PCX pun saya ingat juga diluncurkan saat PRJ. Ini kemungkinan motor-motor agak premium yang di beli bukan berdasarkan kebutuhan saja, sasarannya pun para konsumen yang cenderung punya duit untuk beli motor sepanjang tahun… tidak perlu menunggu THR, bonus … beli kapan pun bisa saja.

Apakah ada banyak duit tidak terpakai saat PRJ? hmmm… yang jelas karena PRJ sudah merupakan event reguler mungkin para konsumen juga sudah terbiasa menunggu-nunggu event tersebut. Kalau di Eropa? ada EICMA…

Faktor lain apalagi?

Strategi peluncuran juga disesuaikan dengan kemampuan ATPM itu sendiri dan penyerapan teknologinya. Bisa panjang lagi kalau dibahas. CBR 150R atau 250R duluan? Hmmm, Vespa LX atau Vespa S duluan? Bisa-bisa saja salah satunya, tapi kenapa yang dipilih CBR 250R duluan, dan kenapa Vespa LX duluan? nggak sembarangan lho… Kenapa Vietnam dulu baru yang Italy? hmmm, kenapa nggak bareng?

Kadangkala ATPM sengaja mengatur… jeda launching, seperti yang sering dilakukan AHM, tiap bulan ada saja yang di launching… Weh, dengan begini ritmenya terjaga, juga kemampuan resource internalnya bisa lebih di manage. Terus menerus secara konsisten ada yang baru dari pabrikan, ada news terus! Ya coba bayangkan saja kalau semua produk AHM dikeluarkan semuanya pada waktu bersamaan… abis itu kosong. Cuman pertimbangannya motor apa pantasnya keluar bulan apa?

Kompetitor ngapain?

Sayangnya atau untungnya meluncurkan motor tidak bisa cepat. Contoh, walau new Kawasaki Ninja 250 laku keras, butuh setidaknya waktu sekitar 3 tahun lagi bagi Honda untuk akhirnya meluncurkan produk setanding yaitu CBR 250R ke pasar.

Apakah bisa sodok-sodokan? Bisa… dulu seringkali sebelum pabrikan mau keluar motor hebat, si saingan hembus gosip kalau merekapun akan mengeluarkan motor sejenis setanding dengan specs sedikit lebih tinggi… tujuannya untuk paling tidak mengganggu pasar sambil menyiapkan produk sejenis.

Mau keluar sebagai nomor satu atau nomor dua?

First mover advantage selalu penting… cuman first mover juga beresiko tinggi. Ya lihat saja, matic pertama bukan Yamaha apalagi Honda, matic pertama di Indonesia ya Vespa Corsa atau PK, setelah itu Kymco, yang nyatanya nggak begitu sukses. Baru kemudian begitu sukses setelah Mio dan diikuti Honda…

Malah kalau hitungannya cuman Yamaha – Honda, AHM sebagai yang kedua pun akhirnya bisa melawan Yamaha!

So… pointnya adalah…

ATPM melaunching produk bukan semata mengejar total penjualan di akhir tahun kok, yang penting menyesuaikan momen dan memanage launching mereka…

No comments:

Post a Comment